Kamis, 17 Februari 2011

produktif vs komsumtif

Siapa sering belanja di pasar? Pasti tau kan harga harga bahan pokok? Dulu beli cabe 1000 paling gag uda dapat 2 genggam cabe.ya gag? Sekarang, paling-paling cuma dapat seucrit laah. Heuf. Semua lapisan masyarakat pasti tahu kalau harga bahan pokok terus meningkat. Kenaikan harga tsb sangat jelas berdampak pada orang-orang yang kurang mampu.

Bank Dunia menyatakan bahwa harga bahan pokok membuat sekitar 44 juta orang masuk dalam kategori miskin di negara-negara berkembang sejak bulan Juni 2010. Harga pangan di seluruh dunia naik dan mengancam puluhan juta orang miskin.

Menurut teori kebutuhan Abraham Maslow, kebutuhan pertama manusia adalah kebutuhan fisik. Dimana kebutuhan selanjutnya tidak akan tercapai apabila kebutuhan sebelumnya belum terpenuhi.
Makan merupakan salah satu hal untuk memenuhi kebutuhan fisik manusia. Untuk membuat makanan, diperlukan bahan-bahan yang kita tahu sekarang harganya telah berlipat-lipat.
Keadaan tersebut sangat memprihatinkan. Dengan naiknya harga bahan pokok, masyarakat menggunakan hampir lebih dari setengah pendapatannya untuk makanan saja. Bagaimana hal tsb tidak membuat rakyat menjadi semakin miskin dan kurang gizi.
Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk mencegah hal ini semakin parah yaitu dengan menciptakan masyarakat yang lebih produktif. Pemerintah maupun perusahaan-perusahaan perlu berhenti menggusur dan membuat lahan-lahan pertanian menjadi gedung-gedung bertingkat.
Pemerintah perlu menggalakkan aksi swasembada pangan lagi, agar negara kita tidak perlu mengimpor dari negara lain. Pemerintah perlu menyediakan lahan pertanian untuk digunakan masyarakat, selain itu dukungan pemerintah perlu dilakukan agar masyarakat termotivasi untuk lebih produktif.
Hal tersebut dapat dilakukan dengan pemberian bibit, pupuk, atau setidaknya diberikan subsidi. Sarana dan prasarana juga perlu disediakan untuk meningkatkan hasil pangan.

Masyarakat tidak bisa terus-menerus menggunakan tanpa ada yang mau untuk menghasilkan. Bila terjadi, bahan pokok akan semakin langka dan menyebabkan harga semakin meningkat.
Peluang bisnis bertanam bahan pokok,maupun beternak akan semakin besar. Bisa kita lihat dari maraknya bisnis kuliner. Hampir sepanjang jalan manapun terdapat berbagai macam makanan dijual. Hal ini memberi peluang besar bagi para petani-petani.

Bagi rumah tangga, ada baiknya juga kalau mau menanam beberapa tanaman pokok. Minimal mampu mencukupi kebutuhan hidup keluarga sendiri. Dengan begitu, sikap komsumtif masyarakat akan berkurang.
Hemmm. .semoga saja hal ini bisa terwujud dan masyarakat bisa lebih sejahtera,,

0 komentar:

Posting Komentar