Senin, 15 Juni 2020

Ayam Geprek Kemangi


Taraaaaa..... Menu buka puasa sore ini adalah ayam geprek kemangi. Udah dingen-ngen dari tadi malem kok kayaknya enak. Terus tadi sore masaknya collab deh sama adek karena kok mepet banget jam 5 baru mulai masak, sedangkan harus masak sayur juga kan...

Lagi-lagi ini sebetulnya cuma memanfaatkan bahan-bahan yang udah ada di kulkas, bukan sengaja beli bahan buat dimasak ini. Ayamnya ini kemarin dikasih tetangga yang punya peternakan ayam sih. Sebagian udah dimasak kemarin, bikin ayam bakar bumbu kuning. Yah, sayanh kemaren nggak sempat difoto. Kalau tadi pake bagian menthok sama gendhing. Kalau bahasa Indonesianya.. dada sama bagian atasnya paha itu. 

Untuk kemanginya, ini juga sisa kemangi minggu lalu. Aslinya masih ijo seger, cuma di foto atas itu kemanginya udah nggak ijo karena ikut diuleg yaa.. Nah, yang mau tips nyimpen daun kemangi biar bisa tetap segar sampai seminggu, bisa baca di thread twitterku, yaaa..

Sebetulnya ini aku nulis resep cuma buat catetan aku pernah masak apa aja. Sekalian belajar dan juga catetan sih. Aku kan kalau masak seringnya suka-suka aja. Sayangnya misal bikin kue atau makanan yang resep bahannya harus presisi, terus lama nggak dipraktekin, tuning masaknya sering lupa 😂 harus buka resep asli dan harus mikir modifikasinya lagi. Makanya aku mikir, apa aku tulis aja ya... toh nggak rugi juga.

Buat yang mau coba bikin ayam geprek kemangi kayak aku, berikut ini resepnya... ;)

RESEP AYAM GEPREK KEMANGI

Bahan ayam geprek:
- 3 potong ayam bagian dada/paha atas/apa aja boleh
- 1 butir telur
- 150 gram tepung terigu (atau sebutuhnya). Bisa juga pakai tepung bumbu malah sudah ada rasanya. Karena aku nggak ada, jadi pakai terigu aja.
- Bumbu: garam, bawang putih, merica bubuk, ketumbar bubuk.

Cara membuat ayam geprek:
- Ayam dicuci dan direbus selama sekitar 15 menit, bisa diberi bumbu bawang putih dan garam. Ayamnya aku rebus dulu cuma biar manteb aja ayamnya matang sampe ke dalam. Kalau mau langsung goreng juga bisa.
- Ayamnya dipotong-potong, seukuran rendang kali yah. Pokoknya nggak gede dan nggak kecil banget juga.
- Kocok telur, dibumbui garam, merica bubuk, dan ketumbar bubuk.
- Masukkan potongan ayam tadi. Baluri dengan telur sampa rata. Kalau telurnya kurang banyak bisa ditambah air sedikiiit aja, sama tepung dikit juga biar agak kental.
- Masukkan ayam yang sudah dilumuri telur ke tepung terigu. Oiya, terigunya aku campur garam sama merica juga. Berhubung nggak pake tepung bumbu, pokoknya semua kasih bumbu biar sedap. Hahaha.
- Ayamnya dibalut tepung sampe nggak ada bagian yang basah. Dipenyet-penyet.
- Kalau suka tepung yang lebih tebal, ayam yang sudah ditepungi tadi bisa dicelup lagi ke telur, lalu balut tepung lagi. Aku cukup sekali aja biar cepat. Hehe
- Goreng deh sampai agak kecoklatan.

Next, bikin sambalnya.
Sebetulnya bisa sambalnya dulu sih. Pokoknya suka-suka aja lah. Barengan bikin sambal sama nggoreng ayam juga boleh. Kalau aku kan collab, jadi aku jatah bikin ayam, adek jatah bikin sambel.

Resep sambal kemangi:
Bahan:
- Bawang merah 5 butir
- Bawang putih 5 butir
- Cabe merah 5 buah
- Cabe setan 8 buah
- Daun kemangi secukupnya
- Garam 1 sdt atau selera

Cara membuat:
- Goreng semua bahan, kecuali kemangi dan garam.
- Setelah digoreng, bahan-bahan tersebut diuleg. Jangan lupa diberi garam.
- Tambahkan ayam geprek yang sudah digoreng tadi, diuleg, dicampur dengan sambal.
- Tambahkan daun kemangi, lalu aduk.

Jadiii deh ayam geprek kemangi. Sedap mantapp aroma kemanginya seger bangett. Btw, ini resep suka-suka jadi boleh banget dimodifikasi sesuai selera 😁 

Selamat memasaaak....

0 komentar:

Posting Komentar