Minggu, 14 Juni 2020

Bakmi Goreng



Taraaaa.... hasil masak siang ini. 
Hari minggu siang, laper, nggak ada makanan... Pengen beli mi ayam goreng tapi kok mager dan paginya udah jajan soto 😅 Yaudah deh bongkar kulkas bahan seadanya jadi bakmi goreng. Ya walaupun awalnya kepikiran "kayak bakmi ater-ater" yaah.. bedanya kalau yang ini pake sosis 😂

Btw, ini sejujurnya kali pertama bikin bakmi goreng kayak gini. Sebelum-sebelumnya kenapa nggak pernah bikin? Nggak tau juga, ya. Biasanya kalau bikin bakmi tuh malem jadi bikin bakmi godhog. 

Aku share aja kali ya resep bakmi goreng ala aku ini. Aku nyebutnya ala aku soalnya resep suka-suka, bumbunya kira-kira, nggak ada patokan takaran gitu deh pas mau bikin tadi.

RESEP BAKMI GORENG

Bahan:
- Bakmi jagung
- Bakmi kuning 
- Telur (1 butir)
- Sosis (2 buah)
- Sawi
- Kubis
- Loncang
- Sledri

Bumbu:
- Bawang bombay (setengah siung)
- Bawang merah ( 3 siung)
- Bawang putih ( 3 siung)
- Kemiri (2 butir)
- Cabe merah (1 buah)
- Cabe setan (1 buah)
- Ketumbar bubuk (½ sdt)
- Merica bubuk (¼ sdt)
- Ebi (sejumput)
- Garam (½ sdt)
- Gula pasir (1 sdm)
- Kecap (2 sdm)
- Kaldu jamur (¼ sdt)
- Margarin untuk menumis

Cara membuat:
- Rebus mi jagung dan mi kuning.
- Sambil menunggu mi matang, bisa disambi dengan menghaluskan bumbu bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Cabe cukup diiris tipis.
- Lelehkan margarin, tumis bawang bombay yang sudah diiris.
- Goreng telur, diorak-arik.
- Masukkan bumbu halus.
- Tambahkan sedikit air, sekitar setengah gelas.
- Masukkan sosis dan ebi, garam, merica bubuk, ketumbar bubuk, gula pasir, kecap. Kalau mau ditambah daging ayam bisa juga, biar lebih sedaap.
- Masukkan sayur sawi, kubis, dan loncang. Bisa ditambah wortel. Aku nggak pakai wortel karena kebetulan habis.
- Tes rasa. Asinnya dilebihin sedikit nggak papa karena nanti berkurang asinnya setelah mi dimasukkan.
- Setelah sayur mulai layu, masukkan mi jagung dan mi telur yang sudah direbus dan ditiriskan tadi sebelumnya.
- Campur sampai rata. Bisa ditambahkan kecap pokoknya warna coklatnya dibikin sesuai selera aja.
- Sudah jadi, bisa ditaburi daun sledri dan bawang goreng.
- Jangan lupa lalapan cabe rawit sama tomat.

Oiya untuk mi jagungnya, aku pakai bihun jagung merk tanam. Karena rencana buat 4 orang, aku pakainya 2 eplek, ternyata setelah direbus kan mengembang jadi banyak banget. Yaudah ada 1/4 bagian aku sisain nggak masukin ke bumbu. Ntar buat dibikin apa lagi gitu deh. 
Nah, kayak gini gambar bihunnya:
Untuk mi kuningnya aku pakai mie kering Eko Mie. Ini mie kayaknya terkenal banget deh. Teksturnya bagus kayak indomi gitu, cuma dia kan nggak ada bumbunya. Satu kemasan gini isinya 2 eplek, aku cuma pake 1 eplek aja tadi buat variasi mie-nya aja. Kayak gini:


0 komentar:

Posting Komentar