Minggu, 17 Oktober 2010

8 tipe kecerdasan menurut Howard Gardner



Setiap manusia pasti dilahirkan dengan membawa potensinya masing-masing. Ada yang pintar dalam matematika, pintar menyanyi, dsb. Menurut Howard Garnerd, tipe kecerdasan manusia dibagi menjadi 8. Dari 8 tipe tersebut, seseorang pasti memiliki salah satu kecerdasan yang dominan, yang nantinya bila diasah, dikembangkan dengan baik akan menjadi seorang bintang, seorang yang pro di bidangnya.

Berikut adalah pembagian tipe kecerdasan manusia :

1. Word Smart (Kecerdasan Linguistik)
Orang yang memiliki kecerdasan linguistik, dapat menggunakan kata-kata secara efektif, mampu merangkai kata-kata secara lisan maupun tertulis.
Menurut Thomas Armstrong, dalam kehidupan sekolah, kecerdasan linguistik menempati porsi mencapai 2/3 bagian.
Orang dengan kecerdasan linguistik yang bagus, tepat memilih pekerjaan sebagai orator, presenter, editor, penulis, diplomat, wartawan, dsb.

2. Picture Smart (Kecerdasan Spasial)
Tipe orang dengan picture smart yang dominan, mampu mewujudkan gambar yang ada dalam imajinasinya dalam bentuk 2 atau 3 dimensi.
Pekerjaan yang cocok misalnya, desainer grafis, pelukis, arsitek, dsb.

3. Music Smart (Kecerdasan Musikal)

Seseorang yang pintar menyanyikan lagu, peka terhadap irama, dan mampu menikmati musik, pasti kecerdasan musikalnya lebih dominan.
Apabila dikembangkan, pasti mampu menjadi seorang musisi handal yang tak menutup kemungkinan untuk dikenal di seluruh dunia.

4. Logic - Number Smart (Kecerdasan Logis - matematis)
Kecerdasan ini berkaitan dengan pengolahan angka, juga penggunaan logika. Orang tipe ini mudah menggunakan simbol dalam belajar, dan mampu menjabarkan sesuatu yang abstrak menjadi pasti.
Karir yang cocok ditempuh pemilik kecerdasan ini, misalnya peneliti dalam bidang matematika dan fisika, akuntan, progammer komputer, dll.

5. Nature Smart (Kecerdasan Naturalisasi)
Nature smart adalah kemampuan mengenali bentuk-bentuk alam sekitar, misal flora fauna, batuan, bentuk bumi, dll.
Ahli biologi, ahli geologi, dokter hewan, ahli pertanian, ahli pertambangan, butuh kecerdasan tipe ini.

6. People Smart (Kecerdasan Interpersonal/antarpribadi)
Yaitu tipe kecerdasan yang membuat seseorang mampu memahami dan bekerja sama dengan orang lain. Seorang pemimpin, seperti presiden, menteri, dirjen, direktur, manajer, CEO, hingga ketua kelas membutuhkan kecerdasan ini.

7. Self Smart (Kecerdasan Intrapersonal)
Seseorang yang self smart-nya dominan, mampu memahami diri sendiri. Self smart ini menurut Armstrong adalah yang paling penting. Mengapa? Karena dengan kecerdasan inilah, kita mampu melakukan hal-hal tepat, sesuai potensi, kemampuan, dan tujuan hidup kita.
Self smart ini merupakan dasar dari segala proses hidup kita, karena self smart akan melahirkan self motivate (kemampuan memotivasi diri sendiri), self help (kemampuan mengatasi masalah sendiri), dan juga self healing (kemampuan mengobati sendiri).
Orang dengan tipe kecerdasan ini cocok menjadi konselor, terapis, motivator, maupun profesional di bidang HRD.

8. Body Smart (Kecerdasan Kinestetik Jasmani)
Kecerdasan kinestetik seseorang dapat dikatakan dominan bila ia terampil menggerakkan tubuhnya untuk tujuan tertentu, atau menggerakkan tangan untuk menghasilkan karya.
Spesialisasi tipe kecerdasan ini misalnya atlet, montir, penjahit, dan juga pesulap.

0 komentar:

Posting Komentar